BERITA

Pelepasan Angkatan 56

15-06-2020

Oleh : Dresti Imasati

Tema acara pelepasan dan kelulusan peserta didik kelas IX angkatan 56 adalah Spectrum, Kita Berpisah untuk Memperindah Dunia. Acara ini diselenggarakan secara online, dengan siaran langsung melalui Saluran Youtube SMP Marganingsih.
Tanpa terasa sudah tiga tahun peserta didik kelas IX menempuh proses pendidikan di SMP Marganingsih. Tiga tahun adalah waktu yang tidak singkat. Peserta didik mengalami proses yang penuh dengan niat, usaha, perjuangan, serta kerja keras. Terlebih pada saat-saat terakhir mereka di bangku kelas IX, dimana ada perubahan situasi yang harus dihadapi bersama yaitu Pandemi Covid-19. Sebuah situasi yang tidak diharapkan olah siapapun. Situasi yang cukup berat bagi peserta didik karena harus belajar di rumah, tidak dapat bertatap muka secara langsung dengan guru dan tidak bisa bertemu teman-teman. Namun, semua itu tidak mengurangi makna dari perjuangan para peserta didik dalam menempuh pendidikan. Mereka sudah melaluinya dan membuktikan keberhasilan mereka dengan menyelesaikan seluruh rangkaian pendidikan di jenjang SMP.

Berakhirnya proses pendidikan peserta didik kelas IX identik dengan acara pelepasan dan perpisahan. SMP Marganingsih menyelenggarakan acara pelepasan peserta didik yang sungguh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pandemi Covid-19 yang masih melanda negara kita bahkan dunia, tidak menjadi penghalang bagi SMP Marganingsih untuk menyelenggarakan kegiatan pelepasan peserta didik kelas IX. SMP Marganingsih berinisiatif menyelenggarakan acara pelepasan peserta didik secara virtual yang disiarkan langsung melalui saluran Youtube SMP Marganingsih. Acara ini dapat berjalan dengan lancar bekat kerjasama tim teknisi yang solid. Mereka adalah Mas Patrisius Yudiyanto , Rafael Narendra, Sabda Banyu dan Gabriel Maheswara.

Siaran langsung pelepasan peserta didik kelas IX dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 13 Juni 2020, dimulai pukul 10.00 WIB di aula SMP Marganingsih. Aula yang biasanya dipenuhi oleh seluruh peserta didik kelas IX bersama para orangtua, kali ini aula tampak sepi dan lengang. Hanya ada perwakilan beberapa peserta didik kelas IX bersama orangtua. Protokol kesehatan tetap ─Ćilaksanakan dengan mencuci tangan, tetap memakai masker, dan menjaga jarak.

Rangkaian acara pelepasan diawali dengan Doa, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars Marsudirini. Setelah itu sambutan dari Sr. M. Paulina OSF, S.Pd. selaku Koordinator SMP dan dilanjutkan sambutan dari Ibu Emiliana Dresti Imasati, S.Pd. selaku Kepala SMP Marganingsih. Acara inti adalah wisuda dan penyerahan kembali secara simbolis peserta didik kelas IX kepada orangtua, yang diwakili oleh Michael Bonvilio Widiarto dari Kelas 9A, Rena Octavia dari Kelas 9B, dan Avrilia Fernanda dari Kelas 9C serta Bapak Marwinto Setyo Budi Santoso sebagai perwakilan orangtua. Acara wisuda dilaksanakan dengan pengalungan samir oleh Kepala Sekolah kepada perwakilan peserta didik, yang menandakan bahwa peserta didik kelas IX telah resmi menyelesaikan rangkaian pendidikan di SMP Marganingsih. Kemudian penyerahan kembali peserta didik kepada orangtua ditandai dengan pelepasan atribut topi sekolah yang dikenakan peserta didik oleh Kepala Sekolah dan selanjutnya atribut sekolah tersebut diserahkan kepada perwakilan orangtua. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan orangtua dan perwakilan peserta didik.

Bonvi dalam sambutannya mewakili teman-teman kelas IX menyampaikan tema dari acara pelepasan ini, yaitu “Spectrum, Kita Berpisah untuk Memperindah Dunia”. Sepenggal kalimat dalam sambutan Bonvi yang menjelaskan tema tersebut, “Tentu kita tidak akan selalu bersama di satu tempat untuk memberi keindahan. Kita harus berpisah juga untuk menyebarkan warna-warna keindahan ke berbagai daerah di seluruh Indonesia. Demi memperindah dan mengharumkan Bangsa. Walau pun terpecah dan terpisah satu sama lain, warna-warna tersebut tetap dalam satu waktu yaitu spektrum. Sama seperti kita yang berbeda satu sama lain dan terpisah satu sama lain, namun kita tetap dalam satu wadah yaitu Indonesia.” Kalimat-kalimat tersebut menggambarkan peserta didik SMP Marganingsih yang beragam siap berpisah untuk lebih memperindah dan mengharumkan Indonesia.

Puji Tuhan acara dapat berlangsung dengan khidmat, tertib, dan lancar dari awal hingga akhir. Harapan kami, peserta didik yang telah menjadi alumni dapat menjadi pribadi yang selalu beriman pada Tuhan, cerdas, mencintai sesama dan alam ciptaan-Nya. Tetap memiliki semangat untuk bertumbuh dan berkembang, selalu menyemaikan sikap kreatif, mandiri, disiplin, jujur, bertanggung jawab, berbelarasa, dan cinta akan perdamaian. Mereka hanya terpisah tempat dan waktu, selebihnya hati mereka akan selalu bersama. Kehangatan yang telah terjalin selama proses pendidikan di SMP marganingsih tidak pernah padam oleh apapun. Karena seutas tali kekeluargaan akan selalu mengikat mereka sebagai sebuah keluarga, keluarga besar SMP Marganingsih.

Teriring doa untuk peserta didik kelas IX angkatan 56. Pijakan kecil hari ini, akan menjadi lompatan tinggi kalian di masa mendatang.


Editor : Yuliasari

kembali