BERITA

IBADAT ROSARIO SMP MARGANINGSIH

15-11-2022

Oleh: Serafin Kayla K.D, Gregorius Randi H, Paskalin Adyuta A, Atena Stikma, Atanasia Fensa E. A, Yunisa Irin Rahayu (Tim Jurnalistik)

Bulan Oktober diperingati sebagai Bulan Rosario oleh umat Katolik, maka dari itu umat Katolik banyak yang menyelenggarakan Doa Rosario bersama di gereja maupun di lingkungan-lingkungan.

Sejarah bulan Oktober ditetapkan sebagai Bulan Rosario berawal dari penetapan tanggal 7 Oktober sebagai Pesta Santa Perawan Maria Ratu Rosario. Pesta ini ditetapkan oleh Paus Gregorius XIII pada tahun 1573. Namun, saat itu masih dirayakan khusus di gereja-gereja yang altarnya didedikasikan kepada Bunda Maria. Penetapan itu dilakukan dengan mengubah nama pesta 7 Oktober itu, yaitu dari Pesta Santa Perawan Maria Ratu Kemenangan menjadi Pesta Santa Perawan Maria Ratu Rosario. Baru pada tahun 1716, Paus Klemens XI memperluas perayaan Pesta Ratu Rosario itu ke seluruh Gereja.Begitu pula dengan SMP Marganingsih yang turut memperingati bulan Oktober sebagai Bulan Rosario. Bulan Rosario dilaksanakan para siswa-siswi, bapak dan ibu guru, serta karyawan.

Pembukaan Ibadat Rosario dilaksanakan pada minggu pertama pada hari Jumat, 7 Oktober 2022 dengan petugas dari kelas IX A yang dilaksanakan di depan Goa Maria SMP Marganingsih Muntilan.
Ibadat Rosario minggu kedua dilaksanakan pada hari Jumat, 14 Oktober 2022 dengan petugas dari kelas IX B yang dilaksanakan di aula Asrama Marsudirini dikarenakan kondisi hujan sehingga tidak memungkinkan untuk melaksanakan ibadat di depan Goa Maria.
Ibadat Rosario minggu ketiga dilaksanakan pada hari Sabtu, 22 Oktober 2022 dengan petugas dari kelas VII A yang dilaksanakan di depan Goa Maria.
Ibadat Rosario minggu keempat dilaksanakan pada hari Sabtu, 29 Oktober 2022 dengan petugas dari kelas VII B yang dilaksanakan di depan Goa Maria. Ibadat minggu keempat ini sekaligus sebagai ibadat penutupan bulan Rosario.

Perwujudan bulan Rosario bagi umat Katolik adalah sebagai renungan atas misteri keselamatan dan mengenang kekuatan doa kepada Allah melalui Maria dengan sarana rosario di tangan.
Harapan kami dengan diadakannya doa Rosario adalah siswa-siswi SMP Marganingsih bisa semakin tekun berdoa serta dapat lebih dekat dengan Tuhan melalui doa Rosario sesuai dengan salah satu visi misi SMP Marganingsih, yaitu beriman pada Tuhan.

kembali