BERITA

MEMBANGUN JIWA ENTERPRENEUR SEJAK DINI

03-11-2022

Oleh: Ig. Agung Budi Wibowo, S.Pd.

Tahun Pelajaran 2022/2023 ini, di SMP Marganingsih mulai melaksanakan Kurikulum Merdeka di kelas 7. Salah satu implementasi Kurikulum Merdeka adalah pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). 

Kegiatan P5 di SMP Marganingsih Muntilan menggunakan sistem blok sesuai dengan alokasi waktu yang telah direncanakan. “Kewirausahaan” adalah tema pertama yang diambil dan dilaksanakan selama satu minggu penuh dari tanggal 17 sampai 22 Oktober 2022.“Kewirausahaan” dipilih menjadi tema dalam kegiatan P5 di SMP Marganingsih demi menyiapkan generasi penerus masa depan bangsa yang tangguh, mandiri, dan berdaya saing untuk memasuki Era Revolusi Industri 4.0 yang juga merupakan salah satu agenda strategis pada peta jalan pendidikan Indonesia 2020-2035. Menyadari pentingnya peran dan fungsi yang melekat pada peserta didik sebagai generasi muda, maka pemerintah Indonesia berusaha untuk mengembangkan segenap potensi yang ada melalui penyadaran, pemberdayaan, pengembangan kepemudaan di segala bidang sebagai bagian dari pembangunan nasional (Statistik Pemuda Indonesia 2020).

Penyadaran dan pengembangan sikap wirausaha kepada para siswa SMP usia 13-15 tahun merupakan bagian dari kewajiban sekolah dalam menyiapkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dibutuhkan untuk bekal kehidupan siswa di dunia nyata. Sekolah memberikan pengenalan, bimbingan, dan pendampingan bagi siswa dalam mengenal, memahami, dan menumbuhkan nilai-nilai luhur dalam tema kewirausahaan. Sekolah dapat menjadi ekosistem bagi siswa untuk belajar dan menggali pengalaman. Siswa yang memiliki daya kreasi dan inovasi yang tinggi, visioner, berjiwa pemimpin, mandiri, berkomitmen, dan pantang menyerah adalah siswa yang akan memberikan kontribusi positif dalam perannya di kelas, sekolah, dan masyarakat baik secara akademik maupun non-akademik.

Rangkaian kegiatan P5 dengan Tema Kewirausahaan “Membangun Jiwa Enterpreneur Sejak Dini” melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam pelaksanaannya. Diantaranya: pengenalan etika dan integritas lewat pelajaran Agama dan Budi Pekerti serta budaya lokal; pembuatan berbagai macam teks seperti proposal, iklan, dan surat yang melibatkan pelajaran bahasa; penghitungan dasar hasil survey, harga, dan biaya dari pelajaran Matematika; pengenalan potensi daerah lewat pelajaran IPS dan IPA, menumbuhkan sikap kerjasama lewat kerja kelompok pada pelajaran Olahraga; eksperimen pembuatan aneka produk kuliner melalui mata pelajaran Prakarya; dan lain-lain. Pelaksanaan proyek ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi semua pihak yang terlibat: siswa, orangtua, guru, sekolah, masyarakat sekitar, dan pihak lainnya.

Kegiatan P5 dengan Tema Kewirausahaan di SMP Marganingsih diikuti oleh para siswa kelas 7A (20 siswa dan dibagi menjadi 4 kelompok) dan kelas 7B (18 siswa dan dibagi menjadi 3 kelompok). Dalam pelaksanaannya, 1 kelompok yang terdiri dari 5-6 siswa didampingi oleh satu guru pendamping. Proyek ini dilaksanakan dengan mengalokasikan waktu 42 jam pelajaran selama 1 minggu dari tanggal 17 – 22 Oktober 2022.

Tahapan pelaksanaan proyek ini terdiri dari 4 tahapan. Tahap 1 merupakan Tahap Pengenalan (Sosialisasi) dimana para siswa kelas 7 diberikan edukasi tentang P5 dengan tema Kewirausahaan. Para siswa juga diberikan tes diagnostik untuk mengetahui minat dan bakat peserta didik tentang kewirausahaan. Para siswa juga diberikan pengantar managemen keuangan sederhana dan dikenalkan pada kebudayaan lokal yang ada di sekitar peserta didik terkait wirausaha seperti makanan tradisional, karya kerajinan, dll.

Tahap 2 merupakan Tahap Outing Class. Para siswa diajak untuk melakukan observasi di berbagai tempat wirausaha di sekitar sekolah dan studi pustaka tentang produk/ jenis-jenis wirausaha. Di tahap ini para siswa mulai membentuk kelompok yang dibentuk sesuai keinginan siswa  dalam kelas, menyusun  program  kerja masing-masing kelompok, dan melaksanakan program masing-masing kelompok.

Tahap 3 merupakan Tahap Aksi berupa pameran karya melalui acara Bazzar. Setiap kelompok membuat karya wirausaha sesuai tema /bidang garapan yang dipilih kelompok dan ditampilkan dalam bazzar di sekolah. Pada hari Jumat tanggal 21 Oktober 2022, para siswa kelas 7 dengan penuh bangga mempresentasikan hasil proyek mereka di depan para guru dan kakak-kakak kelas mereka. Tujuh kelompok siswa mendirikan stand dan menjual hasil karya mereka yang berupa makanan dan minuman yang menarik dan bervariasi. Kelompok 1 mempresentasikan soju (sosis keju), tempura rumput laut, dan iced lychee squash. Kelompok 2 mempresentasikan bola-bola susu, pisang coklat keju, dan colorful sprite. Kelompok 3 mempresentasikan jasuke dan melon’s the coco. kelompok 4 mempresentasikan cappucino cincau dan cheese roll , kelompok 5 mempresentasikan kue bawang dan es semangka, kelompok 6 mempresentasikan dimsum dan tela, dan kelompok 7 mempresentasikan puding, popcorn, dan nutrisari selasih.

Tahap 4 merupakan Tahap Refleksi. Para siswa menggenapi proses dengan berbagi karya, evaluasi, dan refleksi. Disini para siswa dibekali cara pembuatan laporan, melakukan proses penyusunan laporan, mempresentasikan laporan, dan melakukan refleksi dan evaluasi di dalam proses pembelajaran proyek.

Harapan kami sebagai guru, semoga para siswa bisa memiliki pengalaman untuk berwirausaha dengan baik. Selain itu, diharapkan para siswa mampu meningkatkan kemampuannya dalam menggali potensi yang telah ditanamkan sejak dini. Meskipun kali ini gagal, anak-anak masih memiliki kesempatan dilain waktu untuk mencoba kembali. Hal penting yang dapat kita ambil dari kegiatan berwirusaha ini yaitu kerjasama dalam kelompok dan menumbuhkan jiwa sosial kepada sesama. Anak-anak disiapkan sejak sekarang supaya kelak siap menghadapi dunia kerja terutama dalam berwirausaha.

kembali