BERITA

PERINGATAN HARI ULANG TAHUN REPUBLIK INDONESIA KE-77 DI SMP MARGANINGSIH

22-08-2022

Ditulis oleh : Agustina Reva Kusuma, Irene Stefana Marganingrum, Martha Gretha Putri R, Serafin Kayla Kirana Dewi (Tim Jurnalistik)

Bulan Agustus adalah bulan yang selalu ditunggu oleh kita semua sebagai bangsa Indonesia. Tahun ini tepat 77 tahun Indonesia merdeka. Tentu di seluruh wilayah Indonesia ada kegiatan-kegiatan ataupun acara yang direncanakan untuk dilaksanakan sebagai wujud syukur atas alam kemerdekaan  yang boleh kita nikmati sampai saat ini.
SMP Marganingsih tak ketinggalan pula dalam memeringati Hari Ulang Tahun RI tahun ini. Ada rangkaian kegiatan yang dilaksanakan yaitu pemasangan umbul-umbul disekitar gerbang dan pagar depan sekolah  dan hiasan bendera dengan nuasa merah putih di lingkungan sekolah, upacara bendera dan tentunya mengadakan berbagai macam perlombaan untuk memeriahkan HUT RI ini.

Upacara Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 77 dilaksanakan pada hari Rabu, 17 Agustus 2022 di halaman SMP Marganingsih Muntilan pada pukul 07.15 WIB. Upacara ini diikuti oleh seluruh siswa, bapak dan  ibu guru serta karyawan SMP Marganingsih. Petugas upacara tersebut adalah siswa siswi dari kelas VIIIB dan pembina upacara yaitu Kepala SMP Marganingsih, Ibu Emiliana Dresti Imasati, S.Pd. Petugas pemimpin upacara yaitu  Anastasius Steven Prasetyo, pemimpin barisan kelas 7 yaitu Angelina Pratiwi, pemimpin barisan kelas 8 yaitu Rendi Setiawan, dan pemimpin barisan kelas 9 yaitu Stevano Yobeth Nandana. Pengibar bendera adalah Gisela Bertha Claresta, Hedwigis Agnes Hening Rahayu, dan Serafin Kayla Kirana Dewi. Petugas dirigen yaitu Laurensia Alietha Triyulietha, pembacaan UUD 1945 dibacakan oleh Florentina Crystala Grisalda, petugas doa yaitu Renata Annika Candrasari, ajudan pembina adalah Stevanus Brian Kurniawan, pembaca tata upacara adalah Theodorus Cristian Dwinovan, dan koor dari kelas VIIIA  serta siswa siswi dari kelas VIIIB

Dalam amanatnya  Ibu Dresti, panggilan akrab dari Ibu  Emiliana Dresti Imasati, S.Pd pada amanatnya menyampaikan bahwa, “kita harus selalu ingat akan jasa jasa para pejuang. Kemerdekaan Indonesia yang diproklamasikan oleh Soekarno Hatta bukanlah merupakan pemberian dari penjajah, tetapi benar-benar usaha  dan perjuangan para pejuang. Tidak hanya cucuran keringat air mata saja, tetapi juga darah. Mungkin mereka tidak merasakan kemerdekaan, seperti apa hidup di alam merdeka, karena mereka telah gugur”. Adapun tema peringatan HUT RI tahun ini yaitu “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”. Tema ini boleh dikatakan mampu menggambarkan kondisi bangsa Indonesia yang selama dua tahun terakhir berhadapan dengan sebuah tantangan ataupun  ujian yang tidak mudah. Tema ini tentunya juga mengungkapkan tekad bangsa Indonesia untuk mengatasi dampak dari pandemi. Kita semua harus bergerak , harus berjuang  untuk memiliki semangat juang yang tinggi dan bangkit bersama dari keterpurukan.

Selain itu Ibu Dresti juga menyampaikan harapan bagi SMP Marganingsih dalam tahun kemerdekaan Indonesia yang baru, yaitu seiring berjalannya waktu diharapkan siswa siswi SMP Marganingsih semakin berproses dan berkembang melalui pembentukan karakter yang ada dalam diri siswa siswi SMP Marganingsih.  Tepat pukul 08.15 WIB , upacara  berakhir dan rangkaian upacara bendera pada hari itu berjalan dengan lancar dan khidmat. Ini semua berkat peran aktif semuanya, baik petugas yang telah menyiapkan diri dengan baik dan juga para peserta upacara yang mengikuti upacara dengan khidmat.

Pada hari berikutnya, yaitu hari Kamis tanggal 18 Agustus 2022 yang dimulai pada pukul 08.00 WIB  diadakan pula kegiatan yang masih  dalam suasana peringatan Hari Ulang Tahun RI yaitu lomba antar kelas, yang dimulai dari lomba balap karung antar siswa kelas VII, VIII, dan IX yang dilanjutkan lomba balap karung antar guru dan karyawan. Para guru dan karyawan pun ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan lomba yg diadakan oleh pengurus OSIS SMP Marganingsih Muntilan. Dan lomba balap karung dimenangkan salah satu siswa dari kelas IXA. Lomba kedua yang diadakan adalah lomba makan kerupuk yang juga diikuti oleh para siswa siswi kelas VII, VIII, dan IX dan dimenangkan oleh siswa dari kelas IXB. Lomba ini juga diikuti oleh bapak ibu guru dan karyawan SMP Marganingsih. Setelah lomba makan kerupuk, seluruh warga sekolah makan bersama di halaman sekolah. Lomba ketiga adalah lomba basket putra yang diikuti siswa kelas VII, VIII, dan IX dan setelah itu disusul lomba basket putri yang diikuti siswi kelas VII, VIII, dan IX. Sebelum lomba keempat dimulai, diadakan juga pertandingan voli antara siswa melawan para guru, yang berpartisipasi dalam pertandingan ini adalah siswa campuran dari kelas VIIIA, VIIIB, IXA, dan IXB. Lomba keempat adalah Lomba voli air yang juga diikuti siswa siswi kelas VII, VIII, dan IX serta para guru. Lomba kelima atau lomba yang terakhir adalah lomba estafet air yang diikuti beberapa siswa tiap kelas, botol yang berhasil penuh dengan cepat, maka kelas tersebut yang memenangkan perlombaan itu, setelah estafet air para siswa, dilanjutkan estafet air para guru dan setelah itu dilanjutkan berjoget bareng semua siswa serta para guru. Setelah selesai berjoget, siswa siswi berganti pakaian pramuka untuk melanjutkan ekstrakurikuler pramuka.

Yaa.. peringatan Hari Ulang Tahun RI sudah terlaksana dengan penuh semangat diikuti oleh semua warga sekolah, namun perjuangan kita sebagai warga , sebagai generasi penerus bangsa haruslah tetap ada tekad di dada untuk Indonesia tetap  Jaya!

(Desain Gambar: Yosephine Kurniawan, Maria Kyara Rafaellayuta)

kembali