BERITA

MENGGAPAI CITA DALAM SEMANGAT PERSAUDARAAN, KESEDERHANAAN, DAN PERTOBATAN

18-07-2022

Oleh: Anastasius Steven Prasetyo Kelas VIIIA

Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang dilaksanakan selama tiga hari yaitu Senin, 11 Juli 2022 sampai dengan Rabu, 13 Juli 2022 diawali dengan Pra-MPLS yang dilaksanakan pada hari Jumat, 8 Juli 2022.

Pra-MPLS diselenggarakan dengan tujuan untuk menyiapkan hal-hal yang akan digunakan para siswa baru ketika mengikuti kegiatan MPLS. Kegiatan Pra-MPLS dibuka dengan apel pagi dan dilanjutkan dengan pembagian kelompok. Sesudah pembagian kelompok, para peserta didik baru memasuki kelas sesuai dengan kelompok yang sudah dipersiapkan dan didampingi oleh pendamping kelompok (dampok) yaitu para pengurus OSIS SMP Marganingsih. Pendamping masing-masing kelompok mengenalkan Mars Marsudirini, Visi Misi Yayasan Marsudirini, dan tepuk Marsudirini pada kelompoknya serta mengumumkan kebutuhan selama kegiatan MPLS. Tak sedikit teman-teman peserta didik baru yang masih malu dan belum terbiasa pada suasana maupun teman-teman yang baru. Harapannya, melalui kegiatan MPLS, peserta didik baru dapat cepat beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru dan berkenalan dengan teman yang baru, kakak kelas, para guru, dan karyawan SMP Marganingsih.

MPLS hari pertama dilaksanakan pada hari Senin, 11 Juli 2022. MPLS dibuka dengan upacara pembukaan oleh pembina upacara Ibu Emiliana Dresti Imasati, S.Pd. selaku Kepala Sekolah.  Sebagai tanda diawalinya MPLS, perwakilan siswa baru yang terdiri dari 1 siswa putra dan 1 siswa puteri dikalungkan tanda identitas peserta MPLS. Seusai upacara, para siswa kelas VIII dan IX melanjutkan kegiatan di sekolah berupa pembagian kelas dan pengarahan dari para wali kelas yang baru. Sementara itu, para siswa  baru kelas VII maupun siswa pindahan melanjutkan dengan berkumpul dalam kelompok untuk melakukan presensi bersama para dampoknya setelah itu menuju ke aula untuk melakukan kegiatan MPLS berikutnya.

Kegiatan hari pertama MPLS adalah pengenalan kurikulum sekolah dengan narasumber Bapak Ignatius Agung Budi Wibowo, S.Pd. selaku wakil kepala sekolah bagian kurikulum dan beberapa tes yang diadakan untuk mengukur kemampuan dan minat para siswa baru seperti tes minat dan bakat serta tes akademik yang didampingi oleh Bapak Kurniawan Dwi Apriyanto, S.Pd. Kegiatan hari pertama ditutup dengan menuliskan SBT (Surat Buat Tuhan) dan doa. Sebelumnya, karena SBT merupakan hal baru bagi para siswa baru, Ibu Brigita Diah Sulistyasari, S.Pd. memberikan penjelasan mengenai bagaimana menuliskan SBT dan manfaat dari SBT.

Kegiatan hari kedua MPLS diawali dengan apel pagi dan pengarahan. Setelah apel pagi selesai, siswa kelas VIII dan IX masih berdinamika bersama para wali kelasnya di kelas masing-masing sedangkan para siswa baru dibariskan di lapangan sekolah untuk mempelajari PBB yang didampingi Ibu Katarina Titik Kristiana, S.Pd. dan Bapak Ariyo Bagus Sudirjo, S.Pd. Para peserta didik baru diajarkan peraturan dasar dalam baris berbaris; contohnya sikap siap sempurna, hadap kanan, hadap kiri, balik kanan, jalan di tempat, dan langkah tegap. Setelah sesi PBB, para siswa baru masuk ke aula untuk mengikuti sesi pengenalan visi dan misi SMP Marganingsih serta sejarah santo dan santa yang menjadi pelindung Suster-Suster yang berkarya di Yayasan Marsudirini dengan narasumber Suster M. Paulina, OSF. Sesi selanjutnya mengenai pendidikan karakter yang meliputi nasionalisme, etika, dan tata krama bersama Ibu Kristiana Setyarini, S.Pd. Hari kedua ditutup dengan kembali berefleksi dan menuangkannya dalam SBT.

Kegiatan hari ketiga MPLS diawali dengan apel pagi. Sesi yang pertama adalah pengenalan lingkungan sekolah dengan tour mengenal fasilitas yang terdapat di SMP Marganingsih Muntilan. Para siswa baru bersama dampoknya secara bergiliran mendatangi ruang Kepala Sekolah, Ruang Tata Usaha, Ruang Guru, Ruang Perpustakaan, Laboratorium. Selain itu, mereka juga berkesempatan untuk berkenalan dengan para staff yang bertanggung jawab di setiap ruangan. Kegiatan dilanjutkan dengan sesi bersama Bapak Ariyo Bagus Sudirjo, S.Pd. dengan materi cara belajar yang efektif lalu dilanjutkan pengenalan ekstrakurikuler oleh Ibu Rina Ambarsari, SE. Kegiatan selanjutnya adalah game-game yang sudah dipersiapkan oleh para pengurus OSIS. Game dilaksanakan di lapangan basket dan para siswa baru berkompetisi sesuai dengan kelompok yang sudah dibagi. Keseruan kegiatan ini terlihat dari antusiasme para siswa baru yang dengan enjoy melakukan setiap permainan dengan antusias sampai selesai. Kegiatan ditutup dengan berefleksi dan menuliskannya dalam SBT, lalu ditutup dengan makan siang bersama.

Upacara penutupan rangkaian kegiatan MPLS bagi siswa baru ditandai dengan dilepasnya name tag dan gong yang ditabuh oleh Ibu Emiliana Dresti Imasati, S.Pd. selaku kepala sekolah. Secara resmi, para siswa baru siap memulai aktivitas pembelajaran di SMP Marganingsih Muntilan.

Semoga para siswa baru lekas bisa beradaptasi dengan rutinitas baru mereka di SMP Marganingsih serta mereka dapat berkembang maksimal baik bakat dan minatnya maupun akademisnya.

kembali