BERITA

KEIKUTSERTAAN SMP MARGANINGSIH DALAM FLS2N 2022

28-07-2022

Oleh: Dwi Hadi Sumiyanto

Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2022 kembali digelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang. Sejumlah sekolah, baik SMP Negeri maupun Swasta, saling berkompetisi untuk menjadi yang terbaik.
Tujuan FLS2N tahun ini disampaikan oleh Bapak Muh. Ruhayat selaku Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kabupaten Magelang dalam Upacara Pembukaan. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengaktualisasi potensi siswa, dari segi minat maupun bakatnya. Oleh karena itu, para siswa yang berpotensi di bidang tertentu dapat menampilkan kemampuannya.

SMP Marganingsih mengirim tiga siswa untuk berkompetisi di tiga cabang lomba. Cabang lomba menyanyi tunggal diwakili oleh Vannesa Oktafiani Widodo dari kelas 8B, cabang lomba desain motif batik diwakili oleh Eleonora Sancita Wirasti dari kelas 9A, dan cabang lomba desain poster digital diwakili oleh Atanasia Fensa Egaynelly Artantia dari kelas 9B. Sebelum berlomba, ketiga siswa yang sudah dipilih ini melakukan persiapan dengan latihan yang dibimbing oleh guru pendamping.
Rabu, 20 Juli 2022 pukul 07.00 WIB, ketiga siswa perwakilan dari SMP Marganingsih ini berangkat menuju lokasi lomba bersama para guru pendamping. Cabang lomba menyanyi tunggal dan desain poster digital berlokasi di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang dan cabang lomba desain motif batik berlokasi di halaman Kantor DPRD Kabupaten Magelang.

Perlombaan dibuka dengan upacara pembukaan yang bertempat di Aula Ki Hajar Dewantara. Upacara pembukaan, disampaikan sambutan-sambutan untuk memotivasi para peserta lomba dan harapan-harapan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Bapak Muh. Ruhayat juga menyampaikan bahwa ada tujuh cabang seni yang dilombakan yaitu lima cabang lomba berjenjang, dimana yang menjadi juara bisa mewakili Kabupaten Magelang ke tingkat provinsi dan kemudian ke tingkat nasional dan dua cabang lomba yang hanya sampai di tingkat kabupaten. Lima cabang lomba  berjenjang tersebut adalah cabang musik tradisional, kreatifitas tari, menyanyi tunggal, gitar duet, dan desain poster digital. Sedangkan dua cabang lomba yang tidak berjenjang meliputi desain motif batik dan seni kriya. Usai upacara pembukaan peserta lomba menuju ke ruangan masing-masing untuk mengambil nomor undian dan mempersiapkan diri memulai lomba. Lomba diperkirakan berlangsung selama empat jam dan para pemenang akan di umumkan setelah lomba selesai pada hari itu juga.
Walaupun SMP Marganingsih belum mendapat juara di FLS2N tahun ini, banyak pelajaran yang didapat dari acara ini dan menjadi bahan evaluasi untuk tahun depan. Tentunya bukan hanya sekedar juara yang menjadi tujuan sekolah mengikuti perlombaan ini, tetapi ada hal yang lebih penting yaitu: penanaman karakter kerja keras, ketaatan, dan persaingan secara obyektif.

Terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam acara FLS2N ini, terutama kepada para siswa yang sudah bekerja keras mulai persiapan sampai pelaksanaan. Mari kita belajar dari tahun ini, semoga keikutsertaan kita di tahun mendatang menjadi lebih baik.

”Semua sudah berusaha yang terbaik, tetap semangat! Semua juara di hati.”

kembali