BERITA

HARI GURU NASIONAL TAHUN 2021

25-11-2021

Oleh : Rina Ambarsari
Hari ini adalah hari yang istimewa, harinya para guru di Indonesia. Kenapa ada Hari Guru?

Pertanyaan ini mudah dijawab, karena memang di Indonesia ini untuk beberapa profesi yang ada hubungannya dengan masyarakat banyak dan yang berpengaruh akan diperingati setiap tahunnya. Misalnya, Hari ABRI, Hari KORPRI, Hari Guru, dan masih banyak lagi. Guru besar jasanya terhadap pendidikan di Indonesia. Tidak hanya di negara kita, di negara-negara lain pun guru memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan suatu bangsa.

Beberapa tahun belakangan ini, pendidikan dan guru mendapatkan perhatian besar di negara kita karena adanya pandemi covid-19. Pandemi covid-19 mengubah seluruh tatanan kehidupan masyarakat di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Peserta didik yang setiap hari harus datang ke sekolah untuk belajar, sekarang harus tinggal di rumah saja dalam mengikuti pembelajaran. Para guru yang setiap hari bertemu peserta didik untuk mengajar, sekarang harus bertemu peserta didik secara virtual melalui beberapa aplikasi pembelajaran. Kerinduan untuk bertemu secara langsung dengan peserta didik sangat dirasakan oleh para guru. Keterbatasan ruang lingkup dan peralatan juga kelancaran sinyal sangat mempengaruhi pembelajaran yang berlangsung.

Dari sekian keterbatasan dan kekurangan banyak juga hal positif yang dirasakan para guru. Guru dituntut untuk "melek teknologi" di masa pembelajaran daring ini. Guru harus bisa melaksanakan pembelajaran jarak jauh melalui beberapa aplikasi, antara lain Microsoft Teams, Google Classroom, Zoom, Google Meet, WhatsApp, dan lain-lain. Guru juga dituntut untuk lebih kreatif dalam memberikan materi pelajaran. Memang suatu tantangan dalam mengajar tanpa bertemu langsung dengan peserta didik. Namun suatu penghormatan besar bagi para guru yang sampai saat ini masih melaksanakan pembelajaran jarak jauh.

Saat ini sudah ada beberapa sekolah yang melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, namun SMP Marganingsih masih harus bersabar karena belum mendapatkan izin untuk melaksanakan PTM Terbatas. Banyak hal yang harus dipersiapkan dan memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang terutama dalam penerapan protokol kesehatan. Sebenarnya, SMP Marganingsih sudah mempersiapkan itu semua dan hanya tinggal menunggu izin. Mohon seluruh peserta didik bersabar, karena hal yang sesuai peraturan maka akan menghasilkan sesuatu yang baik pula.

Kalau kita lihat dari sisi peserta didik, apakah mereka rindu untuk kembali bersekolah? Ya, mereka sangat rindu masuk sekolah lagi dan rindu bertemu langsung dengan para guru, karyawan dan teman-teman. Hal ini yang harus kita persiapkan dengan baik saat PTM Terbatas sudah diizinkan di SMP Marganingsih. Protokol kesehatan dan kesadaran untuk menjaga diri dan orang-orang di sekitar kita harus benar-benar ketat.

Hari Guru merupakan suatu moment yang harus disadari oleh para guru bahwa sungguh besar jasa guru dalam memajukan pendidikan. Diharapkan seluruh guru di Indonesia makin kreatif, inovatif, dan tidak bosan belajar demi mendapatkan pengetahuan yang lebih luas untuk dibagikan kepada peserta didik di sekolah. 

Dengan tema "Bergerak Dengan Hati, Pulihkan Pendidikan", marilah kita makin semangat untuk bekerja dengan hati yang tulus dan memberikan yang terbaik kepada peserta didik, untuk memulihkan pendidikan di negara kita demi masa depan yang lebih baik.

"Selamat Hari Guru Nasional Tahun 2021"

kembali