BERITA

KEGIATAN MEMPERINGATI SUMPAH PEMUDA DI SMP MARGANINGSIH

29-10-2021

Oleh : Skolastika Indah
Untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2021, OSIS SMP Marganingsih mengadakan tiga kegiatan yang begitu seru.Aku biasa dipanggil Tika, salah satu peserta didik SMP Marganingsih kelas 9B. Disini aku akan menceritakan pengalaman pribadiku sebagai pengurus OSIS saat persiapan sampai dengan pelaksaan kegiatan-kegiatan memperingati Hari Sumpah Pemuda.
 
Pertama, kami pengurus OSIS SMP Marganingsih mengadakan rapat untuk merencanakan kegiatan peringatan hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 2021. Hasil keputusan rapat yang pertama adalah mengadakan kegiatan upacara virtual menggunakan aplikasi Microsoft Teams. Saat rapat berlangsung kami juga menentukan petugas upacaranya dan aku mendapat tugas menjadi MC atau pembawa acara. Lalu, hasil keputusan rapat yang kedua adalah menonton film bersama atau disebut juga “nobar”. Dan hasil keputusan rapat yang ketiga adalah kami mengadakan lomba menulis cerpen, sekaligus memperingati dan merayakan Bulan Bahasa dan Sastra.
 
Pada malam hari tanggal 27 Oktober 2021, seluruh petugas upacara virtual melakukan gladi bersih agar saat bertugas esok paginya dapat berjalan dengan lancar. Aku sebagai pembawa acara mempunyai tanggung jawab yaitu menyampaikan urutan acara dengan benar dan harus mampu membuat pesan penutup yang menarik untuk menyampaikan tema Hari Sumpah Pemuda ke-93 yaitu “Bersatu, Bangkit, dan Tumbuh”. Jujur saja, aku merasa sangat gugup sejak malam sampai pagi hari-H karena takut salah. Namun, pada saat upacara berlangsung aku dapat bertugas dengan sangat lancar. Petugas yang lain pun dapat bertugas tanpa ada kendala. Sungguh.. aku merasa sangat bersyukur dan lega, karena bisa melaksanakan tugas dengan baik.
 
Lalu, saat siang harinya pukul 13:00 sampai 15:00 kami melaksanakan kegiatan Nonton Bareng Film “Rudy Habibie”. Film ini menceritakan kehidupan BJ Habibie muda saat menempuh pendidikan di Universitas Teknologi Rhein Westfalen, Jerman. Film "Rudy Habibie" bisa dikaitkan dengan Sumpah Pemuda karena pada film tersebut ada perjuangan Rudy untuk bangsa Indonesia. Dan ternyata teman-teman yang menonton sangat menikmati film itu. Bahkan, mereka juga meminta film lanjutan dari “Rudy Habibie” untuk kegiatan nobar selanjutnya. Yah.. meskipun tidak semuanya menonton, tapi aku tetap senang dan sangat berterima kasih pada teman-teman dan guru-guru yang ikut serta dalam kegiatan nobar itu.
 
Kegiatan terakhir yang diadakan oleh OSIS adalah Lomba Menulis Cerpen. Cerpen yang dibuat atau ditulis harus bertemakan tentang “Cinta Tanah Air”. Lomba itu dilaksanakan selama dua hari, yaitu dari tanggal 28 Oktober 2021 sampai dengan tanggal 30 Oktober 2021. Menurutku Lomba Menulis Cerpen ini cukup seru karena bagi orang yang suka bercerita atau mengarang bisa menyalurkan bakatnya dengan mengikuti lomba ini. Selain itu, lomba ini juga untuk memeriahkan Bulan Bahasa dan Sastra, namun tetap berkaitan dengan Sumpah Pemuda.
 
Aku bersyukur kepada Tuhan, karena dalam keadaan seperti sekarang ini, kami masih dapat memperingati Hari Sumpah Pemuda dengan mengadakan beberapa kegiatan. Aku berharap tahun depan bisa lebih baik lagi keadaannya..

Terima kasih telah membaca tulisanku.

kembali