BERITA

GLADI BERSIH ANBK 2021

14-09-2021

Oleh : Yuliasari
Sebanyak 23 peserta didik kelas 8 mengikuti kegiatan Gladi Bersih ANBK tahun 2021. Kegiatan Gladi Bersih ANBK tersebut dilaksanakan di Laboratorium Komputer SMP Marganingsih.
Gladi Bersih ANBK tahun 2021 diselenggarakan secara semi online, berlangsung selama dua hari yaitu Senin 13 September 2021 dan Selasa 14 September 2021. Karena itu meskipun SMP Marganingsih belum menyelenggarakan PTM Terbatas, sebanyak 23 peserta didik kelas 8 datang ke sekolah untuk mengikuti kegiatan gladi bersih tersebut.
Peserta ANBK adalah peserta didik kelas 8 sejumlah 37 anak. Namun sebagian peserta didik berasal dari luar kota Muntilan dan belum memungkinkan untuk mengikuti kegiatan gladi bersih, maka hanya 23 anak yang bisa mengikuti gladi bersih.
SMP Marganingsih mengikuti gladi bersih pada sesi 1, yang dimulai pukul 07.30 WIB. Peserta didik diminta sudah siap di sekolah pukul 07.00 WIB dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Sejak tiba di sekolah peserta didik langsung mengikuti alur protokol kesehatan dengan dipandu oleh Bapak Ibu Guru dan Karyawan SMP Marganingsih. Peserta didik melakukan cek suhu, mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, kemudian menuju ke Ruang Transit. Di dalam ruang transit peserta didik duduk pada kursi yang sudah ditata jaraknya satu dengan yang lain sambil menunggu waktu dimulainya gladi bersih, didampingi oleh Guru yang bertugas.
Selanjutnya peserta didik menuju laboratorium komputer secara bertahap dan tetap menjaga jarak. Sebelum masuk ruang laboratorium, peserta didik diberi kartu peserta gladi bersih dan menempati tempat duduk sesuai arahan dari guru yang mendampingi. Pada gladi bersih ini peserta didik mengerjakan 3 subtes yaitu, yang pertama Latihan selama kurang lebih 20 menit, kemudian subtes Literasi pada hari pertama dan subtes Numerasi pada hari kedua dengan waktu 90 menit, Angket dengan batas waktu 10 menit. Sesi 1 ini selesai pada kurang lebih pukul 09.30 WIB.
Setelah selesai peserta didik meninggalkan ruang laboratorium komputer secara bergiliran untuk mencegah kerumuman. Dengan tetap didampingi oleh guru yang bertugas, peserta didik kembali menuju ruang transit untuk menunggu dijemput oleh orangtua masing-masing. Bagi peserta didik yang sudah dijemput dapat langsung pulang.
Secara keseluruhan kegiatan gladi bersih ini berjalan lancar. Hanya pada hari pertama token yang dijadwalkan rilis pada pukul 07.20 WIB baru rilis sekitar pukul 08.00 WIB. Di hari kedua pelaksanaan gladi bersih lebih lancar dan tidak ada kendala. Peserta didik juga tampak lancar dalam menggunakan komputer dan mengerjakan soal-soal asesmen. Kami berharap pada pelaksanaan ANBK di awal bulan Oktober nanti seluruh peserta didik kelas 8 dapat mengikutinya.


kembali