BERITA

Seminar Parenting : Rahasia Membentuk Kecerdasan Emosional Remaja

17-07-2021

Oleh : Yuliasari
Bersama lembaga psikologi Grahita Indonesia Jogja, SMP Marganingsih mengadakan Seminar Parenting pada hari Sabtu tanggal 17 Juli 2021.Seminar parenting yang diadakan di awal tahun pelajaran ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada para orangtua atau wali dalam mendampingi tumbuh kembang anak terutama dari aspek psikologis. Seminar diikuti oleh orangtua atau wali peserta didik kelas 7, 8, dan 9. Seminar parenting yang diadakan bersama Grahita Indonesia Jogja ini mengambil tema Rahasia Membentuk Kecerdasan Emosi Remaja. Mengapa kecerdasan emosi? Ya, karena mungkin selama ini yang selalu diunggulkan adalah kecerdasan intelektual. Namun, ternyata kecerdasan intelektual saja belum cukup. Seorang individu juga harus memiliki kecerdasan emosional yang baik agar tumbuh kembangnya optimal. Remaja merupakan tahap perkembangan yang sesuai bagi peserta didik SMP. Remaja juga sering dianggap sebagai suatu tahap perkembangan yang penuh gejolak. Maka dalam seminar ini, selain orangtua dapat saling berbagi cerita pengalaman mendampingi putra putrinya yang sudah menginjak masa remaja, orangtua juga dapat menambah informasi bahkan dapat bertanya langsung pada pakarnya.


Kegiatan seminar parenting ini dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi Zoom. Acara dimulai pada pukul 10.10 WIB. Diawali dengan acara pembukaan, diantaranya doa pembuka oleh Emanuel Riko dan sambutan dari Kepala SMP Marsudirini Marganingsih Ibu Emiliana Dresti Imasati, S.Pd. Selanjutnya masuk ke acara inti yang dipandu oleh moderator dan narasumber dari Grahita Indonesia Jogja. Narasumber dalam seminar ini yaitu Yuventia Tunda, S.Psi., M.Sc. dan moderator Mas Ryan. Mbak Tunda mengawali seminar ini dengan bertanya kepada para orangtua tentang masalah apa sih yang sering dihadapi bersama putra putri di rumah terutama di masa pandemi ini. Orangtua yang mengikuti seminar virtual ini pun penuh antusias dalam berbagi cerita maupun bertanya. Banyak tips dan trik yang diberikan oleh Mbak Tunda kepada orangtua untuk mendampingi putra putri mereka. Kegiatan seminar yang dijadwalkan selesai pukul 12.00 WIB pun sampai diperpanjang waktunya dan berakhir pada pukul 12.30 WIB. Kegiatan seminar ditutup dengan Doa Penutup oleh Ibu Rina Ambarsari, S.E.

Kegiatan seminar parenting ini akan berlanjut dengan diadakannya psikotes bagi peserta didik. Tujuannya agar orangtua dapat lebih mengenal dan memahami perkembangan psikologis dari putra putrinya. Grahita Indonesia Jogja juga memberikan kesempatan kepada para orangtua untuk berkonsultasi setelah putra putri mengikuti psikotes.

Semoga kegiatan seminar parenting ini dapat menjadi bekal bagi guru dan terutama orangtua yang selama masa pandemi ini lebih banyak mendampingi putra putri di rumah. Dan semoga dapat terjalin kerjasama yang baik antara guru dan orangtua.

kembali